Senam Otak

Posted: November 18, 2009 in Pengetahuan
Tags: , , , ,

Hi guyz mari kita senam otak!

 

Senam otak berguna untuk melatih otak. Latihan otak akan membuat otak bekerja or aktif. Menurut penelitian otak seseorang yg aktif (suka berpikir) akan lebih sehat secara keseluruhan dari orang yg tidak or jarang menggunakan otaknya. Kenapa? karena teorinya sesuatu organ yg aktif akan memerlukan pasokan oksigen dan protein. Jika pasokan itu lancar maka boleh dikatakan organ tsb sehat.

Ada beberap tips latihan ringan yg bisa bikin otak aktif, cepat berkonstrasi dan memeperkuat ingatan. Oke mari kita coba:

1. Sebut warna dibawah ini berdasarkan warnya, bukan textnya.

Kuning, Hijau, Merah, Biru,Pink , Kuning, Merah, Hitam.

Coba sampai lancar. Kalu sudah lancar minta teman bikin soal baru.

2. Ambil 20 kata2 apa saja tuliskan dalam kertas, baca dan coba apalkan 20 kata2 tersebut dalam waktu 2 menit. Kemudian tes ingatan anda dengan menuliskan kata2 tersebut di kertas yg kosong. Jangan mencontek.

3. Main sudoku or isi TTS (TTS yg betulan jangan yg gambarnya cwek sexy!). Sudoku lebih dianjurkan karena ini juga merangsang otak untuk berpikir. Sudoko itu pemaninan menarik coba cari di internet kalau belum pernah dengar.

4. Matematika sederhana juga memerlukan konstrasi. Coba selesaikan soal dibawah ini dala waktu 10 detik (tiap soal berarti 2 detik)

14-9
24:8
15×6
56-33
11×14

Kalau sudah mahir coba dengan soal yg lebih banyak misalnya 20 soal untuk 20 detik.

5.Pada watku malam sebelum tidur. Coba ingat2 seluruh kegiatan kita hari ini secara mendetail dari pagi hari sampai malam hari. Latihan ini sangat bermanfaat untuk memperkuat ingatan kita. Ini sangat berguna buat kita2 yg masih skul. Ingat2 pelajaran di kelas!

6.Sebutkan angka dari 1-180 dengan benar. Ini berguna untuk men-sinkronkan apa yg diotak kita dengan apa yg kita ucapkan. Artinya latihan sinkronisasi.

Lakukan latihan tsb secara rutin tiap hari (tak lebih dari 5 menit!). Dalam waktu 3 minggu pasti akan terasa perbedaannya!!! Katanya sih kita bakal lebih cepat konsetrasi, lebih kuat ingatan dan lebih cepat dalam berpikir dan bereaksi. Konon katanya penyakit2 yg berhubungan dengan otak dan pikiran sperti Alzaheimer or pikun pasti akan menjauh.

sumber: clubbing.kapanlagi.com › LIFESTYLEBugar & Sehat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s