Madrid Menang Telak dan Geser Barca

Posted: November 6, 2009 in Berita Olahraga
Tags:

KOMPAS.com — Real Madrid berpesta lima gol tanpa balas ke gawang Xerez dalam lanjutan Divisi Primera, Minggu (20/9). Mereka pun menggeser Barcelona dari puncak klasemen. Meski sama-sama memiliki sembilan poin, Madrid memiliki keunggulan selisih gol.

Madrid memulai laga dengan permainan cepat tetapi terkoordinasi. Mereka pun mampu unggul melalui Cristiano Ronaldo saat pertandingan baru memasuki menit pertama. Memanfaatkan umpan Raul Gonzalez, Ronaldo melepaskan tembakan keras ke sudut kiri bawah gawang Xerez.

Selanjutnya, Madrid sepenuhnya memegang kendali permainan. Di babak pertama saja, mereka total mencatatkan 60 persen penguasaan bola. Mereka pun mampu membuat enam tembakan ke gawang dari 12 kali usaha. Bandingkan dengan Xerez yang hanya membuat satu peluang emas dari delapan usaha.

Toh, dominasi itu tak membuat mereka bisa meraih gol mudah seperti di menit pertama. Renan, yang tak mau lagi dikecoh seperti di menit pertama, berhasil menunjukkan keampuhan kedua telapak tangannya mementalkan setiap peluang Madrid.

Salah satu aksi terbaik Renan terjadi di menit keenam. Saat itu, ia berhasil menepis tembakan Cristiano Ronaldo. Bola kemudian bergulir ke arah Raul Gonzalez, yang langsung menendang bola kembali ke arah gawang. Kali ini pun, Renan berhasil mementalkan bola, yang kemudian jatuh di kaki Kaka yang langsung menembakkannya kembali ke gawang Xerez. Dengan luar biasa, Renan kembali berada di tempat yang tepat untuk menggagalkan usaha itu.

Sayang, performa gemilang Renan di bawah mistar tidak diikuti keberhasilan lini serang mencetak gol balasan. Memang, Xerez sempat membuat peluang melalui Aythami dan Giancarlo Maldonado. Namun, tembakan keduanya masih bisa dikandaskan Iker Casillas.

Aksi kedua kiper itu harus diakui merusak produktivitas gol lawan. Babak pertama pun ditutup dengan skor 1-0 untuk tuan rumah.

Memasuki babak kedua, Madrid masih di atas angin. Mereka pun kembali menghujani gawang Xerez dengan tembakan-tembakan berbahaya.

Terus dicecar dan tanpa dukungan semua lini, Renan akhirnya menyerah tak berdaya ketika gawangnya dibobol Ronaldo di menit ke-75. Memanfaatkan umpan silang Esteban Granero, Ronaldo menanduk bola masuk ke tengah atas gawang Renan.

Hanya tiga menit berselang, Madrid membukukan keunggulan sementara 3-0 menyusul gol Guti. Memanfaatkan bola muntah hasil tembakan Karim Benzema yang ditepis Renan, Guti mengirim bola masuk ke tengah atas gawang Xerez.

Duka Xerez masih berlanjut menyusul terjadinya gol keempat Madrid yang diciptakan Karim Benzema. Setelah menerima umpan Ruud van Nistelrooy, Benzema meloloskan bola ke sudut kiri gawang Xerez.

Belum puas dengan empat gol, Madrid menyarangkan gol kelima melalui Van Nistelrooy di menit ke-89. Gol Nistelrooy ini mengakhiri cerita Xerez di Santiago Bernabeu dengan kisah pilu kekalahan 0-5.

Susunan pemain:
Madrid:
Casillas; Garay, Albiol, Marcelo, Ramos; Gago, Diarra, Kaka (Guti 69), Ronaldo (Van Nistelrooy 79); Benzema, Raul (Granero 60)
Xerez: Renan; Prieto, Olivia, Casado (Momo  59), Francis; Moreno (Abel 74), Bargantinos, Viquera; Armenteros, Maldonaldo (Antonito 66), Calvo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s