Fisik Menjadi Kendala

Posted: November 6, 2009 in Berita Olahraga
Tags:

Buntut dari belum primanya kondisi fisik pemain Persib Bandung di awal musim Liga Super Indonesia (LSI) 2009-2010 membuat jajaran pelatih sepakat untuk menggenjot kemampuan fisik Eka Ramdani dkk. di jeda kompetisi yang cukup panjang ini. Peningkatan kemampuan fisik menjadi menu utama porsi latihan yang akan diberikan kepada pemain dalam dua minggu pertama.

Di mata pelatih fisik Entang Hermanu, minimnya persiapan yang dimiliki Persib yang membuat pemain tidak mampu bermain baik sepanjang 90 menit pertandingan. Berdasarkan pengamatannya di dua laga awal saat Persib menjajal kemampuan tuan rumah Persiba Balikpapan dan PSM Makassar, pemain hanya kuat bermain tak lebih dari 60 menit. Lebih dari itu, gerakan pemain tak lagi impresif, konsentrasi bermain pun buyar akibat kelelahan. Akibatnya, lawan bisa bebas mencecar balik pertahanan Persib. Tak heran jika lawan akhirnya bisa mencuri keunggulan di atas setelah pertandingan berjalan lewat dari 60 menit.

“Kenapa bisa terjadi seperti itu, jawabannya karena performa pemain belum mencapai puncaknya saat memulai musim kompetisi ini. Berbeda dengan tim-tim lain yang masa persiapannya lebih lama daripada kami,” ucap Entang setibanya di Bandung, Kamis (15/10).

Guna mengembalikan kemampuan fisik pemain menjadi sanggup bermain sepanjang 90 menit pertandingan, sejumlah komponen akan mulai dibenahi Entang. Mulai dari daya tahan tubuh dan otot, kekuatan, serta kecepatan. Semua itu akan dibenahinya di masa jeda kompetisi yang cukup panjang ini, sekitar 33 hari, sebelum Persib harus kembali bertanding sebagai tuan rumah yang menjamu Pelita Jaya Karawang pada Sabtu (21/11) mendatang.

“Jadi bisa dibilang, jeda yang cukup panjang ini ada untungnya juga, karena kami bisa mempersiapkan tim mengejar ketinggalan yang belum terpenuhi sebelumnya,” tutur Entang lagi.

Salah satu program penguatan fisik yang akan diberikannya kepada pemain ialah dengan memberlakukan sesi latihan fitness rutin seminggu dua kali, setiap Rabu dan Sabtu di Batununggal. Selain itu, setiap harinya, porsi penguatan fisik pun tetap akan diberikan di setiap sesi latihan.

Namun, upaya penyelarasan kemampuan tim kembali harus dilaksanakan dalam formasi yang tidak lengkap. Pada 25 Oktober, empat pemainnya yang memperkuat tim nasional, Eka Ramdani, Hariono, Maman Abdurahman, dan Nova Arianto kembali harus berpisah untuk menjalani pemusatan latihan. [A-184]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s