MODUL KOMPUTER 2003

Posted: November 6, 2009 in Kuliah
Tags: , , ,

BAB I

PENDAHULUAN

1. Menjalankan Microsoft Word

Untuk menjalankan program Microsoft Word, kita dapat melakukannya dengan beberapa cara, yaitu melalui shortcut pada desktop, tasbar maupun melalui start menu. Tidak semua computer memuat ketiga cara tersebut, karena khusus untuk shortcut pada desktop dan taskbar biasanya harus dipasang terlebih dahulu.

a) Melalui shortcut pada desktop

Dapat dilakukan dengan cara klik 2x (cepat) shortcut  maka program Microsoft Word segera dijalankan oleh computer.

b) Melalui shortcut pada taskbar

Dengan klik 1x pada shortcut

Perhatikan tampilan desktop berikut:

c) Melalui start menu

Dilakukan dengan cara klik pada Start, Program, Microsoft Word selanjutnya program segera dijalankan oleh komputer.

Kemudian akan tampil lembar kerja Microsoft Word sebagai berikut:

2. Pengenalan Microsoft Word

Microsoft Word merupakan program untuk mengolah kata. Program ini bisa digunakan untuk menulis dokumen misalnya karya tulis, skripsi, novel, dan sebagainya. Selain menulis teks dengan kreasi, menyisipkan gambar, maupun yang lainnya. Tampilan area kerja Microsoft Word  dapat dilihat pada gambar 4.

3. Mengetik pada lembar kerja

Lembar kerja atau bidang ketik pada Microsoft Word dibatasi oleh batas atas, batas bawah dan batas kanan. Batasan-batasan tersebut mempunyai nilai standart yang telah ditentukan oleh komputer, akan tetapi kita dapat mengubah batasan-batasan tersebut.

4. Menyimpan pengetikan

Penyimpanan hasil pengetikan tidak harus dilakukan ketika telah selesai mengetik, melainkan perlu dilakukan setiap 10 atau 15 menit. Hal ini dimaksudkan untuk mengamankan pengetikan apabila terjadi masalah dengan computer, misalnya listrik padam, computer macet, program galam kondisi rusak dan lain sebagainnya.

Adapun berbagai macam cara yang dapat digunakan untuk menyimpan hasil pengetikan naskah, diantaranya:

a) Melalui Icon

Lakukan klik pada icon yang bergambar

b) Melalui Menu Bar

Lakukan klik pada File, Save atau klik pada File, Save As

c) Melalui Tombol Keyboard

Tekan Ctrl+S

-          Maka akan tampil gambar seperti berikut:

-          Selanjutnya tentukan lokasi penyimpanan standartnya berada di folder My Documents, jika menghendaki penyimpana di folder lainnya misal pada disket lakukan klik pada scroll lokasi penyimpanan

-          Berikan nama file pada bagian File Name

-          Lalu klik pada Save

5. Membuka/mengedit kembali naskah yang tersimpan

Seperti halnya dalam penyimpanan, untuk membuka kembali naskah yang telah tersimpan dapat dilakukan dengan bebberapa cara, yaitu:

a) Melalui Icon

Lakukan klik pada icon yang bergambar

b) Melalui Menu Bar

Lakukan klik pada File, Open

c) Melalui Tombol Keyboard

Tekan Ctrl+O

-          Maka akan tampil gambar sebagai berikut:

-          Selanjutnya tentukan lokasi file, standartnya berada di folder My Documents, jika menghendaki membuka file pada lokasi lain misal pada disket lakukan klik pada lokasi file

-          Klik nama file yang akan dibuka

-          Lalu klik pada Open

6. Mengakhiri pengetikan

Langkah-langkah untuk menutup program Microsoft Word adalah sebagai berikut:

a) Melalui menu bar

Lakukan klik pada File, Exit

b) Melalui Icon

Lakukan klik pada icon Close (X) yang berada di sudut kanan atas layer, sebagaimana pada gambar di bawah ini :

Catatan :

Jika kita mengetik naaskah/dokumen baru yang belum pernah kita simpan atau naskah yang kita buka telh mengalami perubahan dan belum disimpan kembali, selanjutnya kita menutup program Microsoft Word, mak akan tampil informasi sebagai berikut:

-          Klik Yes jika menyimpan naskah atu perubahan sebelum keluar dari Microsoft Word.

-          Klik No jika tidak perlu menyimpan naskah atu perubahan yang dilakukan sehingga langsung keluar dari Microsoft Word.

-          Klik Cancel jika membatalkan close atau kembali ke pengetikan

BAB II

PENGEDITAN NASKAH

1. Mengetik pada bidang edit

Lembar pengetikan atau bidang edit pada Microsoft Word dibatasi oleh empat batasan atau margin, yaitu batas  atas, batas bawah, batas kanan, dan batas kiri.

Setiap awal pengetikan selalu dimulai dari kiri atas bidang edit yang berimpit dengan batas atas dan batas kiri (perhatikan letak kursor). Untuk memindah dan menurunkan kursor ke baris bawahnya dapat dilakukan dengan menekan tombol enter. Pengetikansuatu paragraph dilakukan terus hingga akhir paragraph. Perpindahan baris akan dilakukan secara otomatis apabila naskah yang duketik telah melewati batas kanan pengetikan.

2. Mengatur jenis dan ukuran huruf

Sebelum kita mengatur jenis huruf maupun ukurannya, kita perlu memperhatikan sederetan gambar/icon seperti di bawah ini:

Sederetan gambar di atas disebut dengan toolbar formatting yang terdiri dari icon-icon Style, Font, Font size, Bold, Italic, dan sebagainya. Apabila kita belum mendapatkan sederetan gambar/icon di atas pengetikan, kita harus mengaktifkan terlebih dahulu dengan cara : klik View, Toolbars, Formatting.

Jenis/bentuk huruf standart yang diberikan  Microsoft Word adalah Times New Roman dengan ukuran 12.

Untuk melakukan perubahan jenis huruf, langkah yang kita lakukan adalah klik pada scrollbar Font selanjutnya klik huruf yang dikehendaki. Jenis huruf yang berada di bagian bawah dapat ditampilkan dengan cara menggeser ke bawah scrollbar yang berada di bagian kanan.

3. Mengatur atribut teks

Yang dimaksud dengan atribut text adalah suatu efek tertentu yang diberikan pada text atau naskah, misalnya efek percetakan tebal, miring, bergaris bawah dan lain sebagainya. Pada toolbar formatting dapat kita perhatikan, terdapat icon sebagai berikut:

Bold          : digunakan untuk mempertebal teks

Italic          : digunakan untuk memberi efek miring pada teks

Underline : digunakan untuk memberi garis bawah pada teks

Langkah atau car a untuk memberikan atribut tersebut pada suatu teks adalah sebagai berikut

-          klik pada icon yang dikehendaki, misalnya Bold

-          Klik naskah/teks yang di maksud

-          Untuk menghilangkan pengaruh atribut lakukan klik sekali lagi pada icon tersebut.

Pemberian atribut yang berbeda boleh diberikan pada teks yang sama, misalnya huruf tebal dan miring, dengan cara klik pada icon Bold dan Italic.

Selain menggunakan icon di atas pemberian atribut secara lengkap dapat dilakukan melalui Pulldown menu dengan cara klik pada Format, Font.

-          Pilihan Font digunakan untuk memilih jenis huruf

-          Pilihan Font style untuk memberi efek normal/regular, miring/Italic, tebal/Bold, tebal iring/Bold Italic.

-          Pilihan Size untuk menentukan ukuran/besar kecilnya huruf.

-          Font Color untuk menentukan warna tulisan

-          Underline Style untuk memilih jenis/macam garis bawah.

-          Effect untuk memberi pengaruh tertentupada teks, yaitu:

  • Striketrough contoh : Komputer
  • Double striketrough contoh Komputer
  • Superscript contoh A2+B2=C2
  • Subscript contoh H2O.C6H12O6
  • Shadow contoh Komputer
  • Outline contoh Komputer
  • Emboss contoh Komputer
  • Engrave contoh Komputer
  • Small caps contoh Komputer
  • Allcaps contoh Komputer
  • Hidden contoh Komputer

4. Mengatur perataan paragraph

Dalam Microsof Word perataan dibedakan menjadi empat, yaitu rata kiri – tidak rata kanan (align left), rata kanan (justify), tidak rata kiri-rata kanan (align right), di tengah baris (center).

Ikon yang digunakan untuk mengatur perataan paragraph dapat kita lihat sebagai berikut:

Untuk mengatur perataan paragraph dapat kita lakukan dengan cara klik pada icon perataan yang dikehendaki kemudian kita mulai mengetik naskah yang dimaksud.

5. Mengatur spasi/jarak antar  baris

Spasi antar jarak baris pada mulanya adalah 1 spasi, jika kita menghendaki untuk mengubahnya dapat dilakukan dengan cara:

-          klik pada Format

-          klik Paragraf

-          klik scroll pada Line Spacing

-          klik spasi/jarak yang dikehendaki, missal Single, 1.5 spasi, Double

-          kemudian klik Ok

Selain pilihan di atas, kita juga dapat mengatur spasi yang tidak terdapat padad pilihan, misalnya jarak 1.2 spasi, dapat kita lakukan dengan cara klik Multiple, pada At…. Akan tampil angka 3, selanjutnya klik angka tersebut dan hapus keemudian ganti dengan 1.2 selanjutnya klik Ok.

6. Mengatur setup halaman

a. Mengatur batasan/margin pengetikan

Sebelum kita pelajari mengatur batasan, biknya kita perhatikan gambar Ruler berikut:

Left margin           : batas kiri

First line indent     : posisi pertama pengetikan pada paragraph

Hanging indent     : posisi perpindahan baris otomatis dalam paragraph

Right indent          : posisi paling kanan dalam pengetikan

Right margin         : batas kanan

Langkah-langkah untuk mengatur batasan-batasan tersebut kita lakukan dengan cara mengarahkan pointer mouse pada batasan yang hendak kita ubah, secara otomatis akan tampil kata Left Margin, First Line Indent dan lain-lain. Jika pointer telah menunjukkan selanjutnya klik jangan dilepas, geser ke kiri atau kanan jika sudah sesuai lepaskan mouse.

b. Mengatur ukuran halaman

Ukuran kertas/halaman yang pada umumnya digunakan adalah kertas ukuran folio dan kwarto. Kertas folio mempunyai ukuran 8.5” x 13”, sedangkan kertas kwarto mempunyai ukuran kurang lebih 8.5” x 11”.

Adapun langkah-langkah mengubah ukuran halaman adalah sebagai berikut:

-          klik Fle

-          klik Pge Stup

-          klik Paper

-          selanjutnya lakukan perubahan nilai pada isian Width : 8.5”, Hight : 13”

perhatikan dialog box berikut:

Selain terdapat isian ukuran halaman, juga terdapat posisi pengetikan naskah pada kertas atau disebut dengan Orientasi. Orientasi terdiri  dari 2 pilihan yaitu Potrait dan Landscape. Portrait posisi pengetikan pada kertas tegak/vertical, sedangkan Landscape adalah posisi pengetikan pada kertas membentang/horizontal.

7. Menggunakan Tabel

Pada umumnya penyisipan tabel ke dalam dokumen berfungsi untuk mendukung penjelasan/uraian dokumen. Untuk membuat tabel, klik menu Table, Insert, Table sehingga muncul kotak dialog Insert Table

  • Number of columns : untuk menentukan jumlah kolom, sebagai contoh isikan 2.
  • Number of Rows : untuk menentukan jumlah baris, sebagai contoh isikan 3
  • AutoFit Bahavior : untuk pengaturan lebar kolom

Teks dapat langsung diketik di dalam sel tabel. Hasil dari contoh akan membuat tabel seperti ini:

Tabel dapat di atur propertinya untuk menyesuaikan tampilannya, misalnya mengatur tampilan garis, memberi warna sel, mengatur posisi, dan lainnya.

Contoh tabel di bawah ini:

NAMA NIM
Novika Sari 107711407018
Angga yuly 107711407019

Variasi pada tabel tersebut dapat dibuat dengan menggunakan berbagai macam fasilitas yang ada pada View, Tool Bars, Tables and Borders.

8. Menyisipkan Obyek

  • Menyisipkan Gambar

Gambar dapat disisipkan ke dalam dokuman. Gambar yang disisipkan dapat berupa file gambar (clip art) yang telah disediakan program MS Word. Untuk menyisipkannya, klik menu Insert, Picture, Clip Art. Pada bagian Search for di Task Pane, ketikkan kata penunjuk dengan gambar, contohnya animals. Maka akan didapat hasil gambar seperti pada contoh di bawah ini:

Untuk menyisipkan pada gambar, klik pada gambar yang diinginkan. Lihat contoh penyisipan gambar ke dalam dokumen.

Untuk menyisipkan gambar pada file, klik menu Insert, Picture, From File sehingga muncul kotak dialog Insert Picture. Pilih gambar yang diinginkan dari folder.

  • Menyisipkan Obyek AutoShape

AutoShape adalah obyek-obyek dengan bentuk tertentu yang dapat disisipkan ke dalam dokumen. Obyek-obyek tersebut antara lain bentuk garis, lingkaran, dan lainnya.obyek-obyek tersebut dapat disisipkan dengan memilih pada Tool Bar Drawing. Untuk menampilkan toolbar ini, klik menu View, Toolbars, Drawing. Klik AutoShape kemudian pilih kategori obyek sesuai keinginan.

Contoh obyek lingkaran :

Dari obyek-obyek yang ada, dapat disisipkan teks di dalamnya. Contoh penggunaan salah satu obyek dengan teks :

  • Menyisipkan Symbol

Di dalam dokumen yang sering dijumpai pengguna symbol seperti ©, Θ, µ, dan lainnya. Cara penyisipan symbol adalah klik menu Insert, Symbol sehingga keluar kotak dialog Symbol. Pilih symbol yang hendak digunakan lalu klik Insert.

  • Menyisipkan Diagram

Untuk membuat diagram struktur organisasi seperti contoh di bawah ini, klik Insert, Picture, Organization Chart.

Untuk membuat diagram data seperti pada contoh di bawah in, klik Insert, Picture, Chart kemudian ganti nilai sesuai yang dikehendaki.

  • Menyisipkan WordArt

Teks yang dibuat dengan WordArt akan tampak lebih bervariasi. Salah satu contoh penggunaan WordArt adalah di bawah ini :

Cara membuatnya  adalah klik   atau dapat juga klik menu Insert, Picture, WordArt sehingga muncul WordArt Gallery. Pilih kreasi teks sesuai keinginan kemudian ketikkan teks.

  • Menyisipkan nomor halaman

Penomoran halaman dapat dibuat secara otomatis. Caranya klik menu Insert, Page Numbers sehingga muncul kotak dialog Page Number. Klik Ok.

  • Menyisipkan Header dan Footer

Fasilitas Header dan Footer digunakan untuk membuat catatan kaki, penomoran halaman, dan lain sebagainya. Untuk masuk ke bagian ini, klik menu View, Header and Footer sehingga tampilan dokumen akan berpindah pada area header atau footer. Hal ini diindikasikan dengan teks dan obyek di dalam dokumen terlihat redup. Ketikkan teks yang hendak dibuat.

  • Border, Shading, dan Drop Cap

Beberapa tambahan dalam membuat dokumen tampak lebih menarik seperti contoh di bawah ini:

Untuk membuat bagian MENJALANKAN MICROSOFT WORD yang berwarna kuning dengan garis hitam dibawahnya, caranya adalah dengan klik menu Format, Border and Shading kemudian akan muncul kotak dialog Border and Shading. Tab Borders untuk membuat garis pembatas, tab Page Border untuk membuat garis pembatas pada halaman, sedangkan tab Shading untuk mewarnai satu baris seperti warna kuning pada contoh. Untuk mengganti warna huruf, klik tombol . Huruf pertama yang ukurannya lebih besar tersebut (U), dapat dibuat dengan klik menu Format, Drop Cap.

9. Penggunaan Blok/Drag

Yang di maksud dengan blok atau drag adalah memilih suatu text dengan cara membatasi text tersebut dengan suatu blok. Tujuan dari drag atau pemberian blok di sini bermacam-macam antara lain untuk mengopy naskah yang di blok, memindah tempat maupun untuk menghapus naskah tersebut.

a. Memberi Blog/Drag

  • Memakai mouse

-          arahkan pointer mouse di awal text yang akan di blok, pointer berubah menjadi I

-          klik jangan dilepas kemudian geser hingga akhir naskah yang hendak di blok, lepaskan mouse.

  • Memakai keyboard

-          letakkan kursor di awal naskah yang akan di drag

-          tekan tombol Shift jangan di lepas, selanjutnya tekan panah ke kanan atau ke bawah hingga menuju ke akhir naskah yang di drag. Untuk mempercepat gerak kursor dapat di kombinasikan dengan tombol Ctrl.

-          Jika sudah didrag, lepaskan tombol Shift maupun Ctrl.

b. Drag baris

Yang dimaksud dengan drag baris adalah memberi blog pada naskah secara perbaris bukan perhuruf maupun perkata sehingga pemblokan suatu paragraph menjadi lebih mudah dan cepat.

Caranya adalah dengan mengarahkan pointer di sebelah kiri baris(di luar batas kiri) yang akan dib lok. Kemudian klik jangan dilepas, geser ke bawah hingga baris terakhir yang akan di blok, kemudian lepaskan mouse.

c. Menetralkan Blog/Drag

Suaatu naskah yang masih dalam keadaan di blok, menjadikan keadaan rawan trjadi kesalahan bagi kita terhadap naskah tersebut, misalnya jika kemudiankita menekan huruf Z maka naskah yang masih di blok tadi akan hilang dan berubah nenjadi huruf Z, oleh karena itu apabila naskah masih dalam keadaan di blok jangan menekan huruf atau angka, tombol ente atau spasi, delete karena akan mengakibatkan naskah tersebut akan hilang.

Agar hal ini tidak terjadi, sebaiknya tanda drag/blok dihilangkan atau di netralkan terlebih dahulu dengan menekan tombol panah baik ke atas, bawah, kiri, mapun kanan. Jika menggunakan mouse lakukan klik pada suatu text, maka blok akan hilang.

Apabila terjadi kesalahan, sehingga naskah hilang, maka kita dapat menggembalikan dengan melakukan klik pada icon Undo yang dapat kita lihat pada gambar di bawah ini.

10. Mengopy, memindahkan, dan menghapus teks

a. Mengopy text atau naskah

-          lakukan blok pada naskah yang akan di copy

-          tekan tombol Ctrl+C atau dengan klik pada icon Copy

-          tekan pada tempat tujuan pengopyan

-          tekan tombol Ctrl+V atau dengan klik pada Paste

b. Memindahkan text atau naskah

-          lakukan blok pada naskah yang akan dipindah

-          tekan tombol Ctrl+X atau dengan klik pada icon Cut

-          letakkan pada tempat tujuan pemindahan

-          tekan tombol Ctrl+V atau dengan klik pada icon Paste.

c. Menghapus naskah

-          lakukan blok pada naskah yang akan di hapus

-          tekan tombol Delete

11. Mencetak

Sebelum mencetak dokuman, ada baiknya jika tampilan cetak dilihat terlebih dahulu. Hal ini dapat dilakukan dengan cara klik atau klik menu File, Print Preview.

Jika sudah sesuai, cara untuk mencetak adalah dengan klik menu File, Print sehingga muncul kotak dialog Print seperti pada gambar di bawah ini. Atur property atau lakukan pengaturan hasilcetakan yang dikehendaki jika diperlukan. Klik Ok.

BAB III

FASILITAS WINWORD

1. Clipboard

Pada BAB II kita telah pelajari bagaimana cara mengcopy suatu text atau naskah. Pada saat kita lakukan drag pada naskah kemudian kita copy naskah tersebut, sebenarnya proses yang terjadi adalah menyimpan naskah tersebut ke dalam memory computer, selanjutnya kita tampilkan hasil copy tersebut atau sering disebut dengan Paste.

Naskah yang telah disimpan dalam memory computer itu merupakan salah satu dari berbagai macam obyek clipboard. Adapun jenis obyek clipboard selain naskah dapat berupa gambar/picture maupun file. Obyek yang telah masuk ke dalam clipboard akan terlepas hubungan dengan file induknya. Misalnya kita buka Microsoft Word, kemudian kita drag beberapa kata dan kita copy. Setelah pengopyan Microsoft Word kita tutup selanjutnya kita buka Microsoft Excel. Pada Microsoft Excel kita lakukan paste, maka text yang tadinya dari Microsoft Word akan ditampilkan pada Microsoft Excel sekalipun Microsoft Word telah ditutup.

Dengan adanya fasilitas clipboard ini, menjadikan adanya hubungan antar program yang dijalankan melalui managerial program Windows.

2. Penomoran paragraph

Dalam pengetikan suatu naskah, kita sering menjumpai bentuk naskah yang terdapat penomoran atau bernomor pada setiap baris/paragrafnya. Penomoran yang dimaksud disini dapat berupa angka 1,2,3 dst. dapat pula berupa huruf a,b,c dst. atau bahkan berupa symbol tertentu. Penomoran paragraph tersebut pada dasarnya dibagi menjadi 2 istilah, yaitu Paragraf  Numbering dan Bullets. Icon yang berhubungan dengan penomoran paragraph dapat kita lihat seperti pada gambar di bawah ini:

  1. Paragraph Numbering

Paragraph Numbering adalah penomoran paragraph yang berupa angka maupun huruf. Sebagai contoh dapat kita lihat pada text Pancasila yang pada setiap baris atau paragrafnya terdapat nomor berupa angka 1,2,3, sampai 5.

Langkah-langkah membuat paragraph numbering:

  • Melalui Icon

-          klik icon Numbering, maka akan tampil angka 1. pada baris tersebut.

-          Ketik naskah yang di maksud

-          Tekan enter untuk pindah paragraph atau baris

-          Otomatis akan muncul angka 2. lalu ketik naskah

-          Lakukan dengan cara yang sama hingga terakhir, kemudian tekan Enter

-          Apabila muncul penomoran yang tidak dibutuhkan, dapat dihapus dengan Backspase

Pembuatan penomoran paragraph dengan menggunakan cara ini masih sangat banyak kekurangannya karena seringkali posisi angka terlalu menjorok ke dalam bahkan berubah menjadi huruf sehingga tampak tidak terkendali. Untuk menempatkan posisi yang sesuai dapat dilakukan dengan mengatur First Line Indent dan Hanging Indent yang berada di bagian ruler atau dengan cara menklik icon Decrease / Increase Indent yang berada di sebelah kanan icon Bullet. Decrease Indent untuk menempatkan penomoran ke tab stop sebelah kiri sedangkan Increase Indent untuk menempatkan kearah kanan.

  • Melalui Pulldown Menu

-          klik menu Format, Bullets and Numbering

-          maka akan tampil seperti gambar di bawah ini:

-          klik Numbered

-          klik salah satu pilihan penomoran yang dikehendak, klik Ok

2. Bullets

Bullets adalah penomoran paragraph yang tidak berupa angka maupun huruf, melainkan berupa tanda atau character tertentu yang dapat kita pilih.

Langkah-langkah membuat bullets:

-          klik icon Bullets, maka akan tampil symbol ♦ atau symbol lain pada baris tersebut

-          kemudian ketik naskah yang di maksud

-          tekan enter untuk pindah paragraph atau baris

-          otomatis akan muncul symbol yang sama, ketik naskah berikutnya

-          lakukan dengan cara yang sama, kemudian tekan enter

-          Apabila muncul penomoran yang tidak dibutuhkan, dapat dihapus dengan Backspase

Jika kita menghendaki symbol yang lain pada bullets, maka untuk memilihnya dapat dilakukan melalui pulldown menu,

-          klik menu Format, Bullets and Numbering

-          maka akan tampil seperti gambar di bawah ini:

-          klik Bullets

-          klik bullets yang di kehendaki, klik Ok

3. Drawing objek

Microsoft Word merupakan program yang bukan hanya berfungsi sebagai pengolah naskah melainkan juga untuk mengolah gambar atau sering disebut dengan Drawing Obyek. Sekalipun fasilitas drawing obyek pada Microsoft Word tidak sesempurna program Page maker maupun Corel Draw,namun sudah dapat dikatakan cukup baik untuk program sekelas pengolah naskah.

Dalam Microsoft Word selain dapat mengetik naskah,kita juga dapat menggambar berbagai macam obyek, misalnya garis, segitiga, segiempat, lingkaran, bintang, dan lain sebagainya.

Untuk dapat melakukan aktivitas menggambar, sebaiknya diperhatikan terlebih dahulu apakah toolbar Drawing seperti yang ada di bawah ini sudah dalam keadaan aktif/ada ataukah belum. Jika belum ada maka kita harus mengaktifkannya dengan cara lakukan klik pada View, Toolbar, Drawing.

Select Obyek = memilih satu atau beberapa                       obyek gambar

Free rotate = memutar obyek gambar

Arrow = menggambar sinar garis/panah

Line = menggambar baris

Rectangle = menggambar segiempat

Oval = menggambar oval

Wordart = menggambar tulisan hias

Text box = membuat bingkai yang berisi        text

Fill color = memberi arsiran dalam obyek       gambar

Line style = menentukan jenis/ketebalan          garis

Line color = menentukan warna garis

Dash style = menentukan bentuk garis

Arrow style = penentukan jenis panah/arrow

Shadow = membuat efek bayangan pada      obyek drawing

3-D = membuat efek 3 dimensi pada      obyek drawing

Autoshape = untuk membuat bentuk-bentuk     khusus

Contoh :

  • Membuat garis AB

-          klik pada icon Line

-          arahkan pointer mouse pada titik A

-          klik jangan dilepas/drag, kemudian seret menuju titik B

-          lepaskan mouse

  • Membuat segi empat ABCD

-          klik pada icon Regtangle

-          arahkan pointer mouse titik A

-          klik jangan dilepas/drag kemudian seret menuju titk C

-          lepaskan mouse

  • Membuat segitiga sembarang

-          Klik pada icon Autoshape, Lines, Freeform

-          Arahkan mouse ke titik A

-          Klik 1x lepaskan

-          Geser menuju B klik 1x lepaskan

-          Geser menuju C klik 1x lepaskan

-          Geser kembali menuju A klik 1x lepaskan

Awal pembuatan boleh dimulai dari titik manapun untuk membuat segitiga siku-siku maupun sama kaki dapat dilakukan melalui Autoshape, Basic shapes a. Mengatur format obyek

  • Memberi arsiran

-          buat terlebih dahulu obyek yang akan diberi arsiran

-          klik 1x pada obyek tersebut supaya aktif

-          klik icon Fill color

-          klik warna yang dikehendaki

  • Menentukan jenis garis

-          buat terlebih dahulu obyek yang akan diberi arsiran

-          klik 1x pada obyek tersebut supaya aktif

-          klik icon Dash Style

-          klik jenis yang dikehendaki misanya

b. Memindahkan atau menggeser obyek

Obyek gambar yang telah kita buat dan posisinya belum tepat dapat dilakukan hanya dengan mnggeser obyek tersebut, dengan cara:

-          arahkan pointer mouse pada obyek yang akan digeser

-          klik 1x jangan dilepas pada obyek tersebut

-          geserlah pada tempat yang dikehendaki

-          lepaskan mouse

-          agar pengeseran tidak meloncat-loncat, tekanlah tombol Alt saat menggeser

c. Mengcopy obyek

-          arahkan pointer mouse pada obyek yang akan dicopy

-          sambil menekan tombol Ctrl jangan dilepas

-          klik 1x jangan dilepas pada obyek tersebut

-          geserlah pada tempat yang dikehendaki

-          lepaskan mouse

-          agar pengeseran tidak meloncat-loncat, tekanlah tombol Alt saat menggeser

d. Menghapus obyek

-          arahkan pointer mouse pada obyek yang akan di hapus

-          klik 1x pada obyek tersebut

-          tekan tombol delete

e. Mengelompokkan obyek

Apabila kita menggambar bentuk tertentu yang terdiri dari beberapa obyek, maka obyek-obyek tersebut dapat digabung/dikelompokkan menjadi satu kesatuan sehingga apabila pergeseran akan terjadi secara serempak.

Langkah-langkah menggelompokkan obyek:

-          lakukan klik pada icon Select obyek

-          arahkan pointer diluar obyek

-          buat segi empat dan usahakan semua obyek berada di dalamnya

-          jika semua obyek sudah aktif, lakukan klik pada icon Draw

-          kemudian klik Group

-          maka beberapa obyek akan menjadi satu kelompok/group

selain cara di atas, kita juga dapat menggunakan cara yang lain, yaitu mengarahkan pointer mouse pada obyek yang telah dipilih, kemudian klik tombol kanan, arahkan pointer menuju Grouping, klik Group. Untuk memecah kembali pilihlah Ungroup.

  1. 4. Autocorrect

Fungsi sebenarnya dari auto correct adalah untuk melakukan koreksi otomatis terhadap kesalahan ketik yang dilakukan operator. Sehingga apabila kita mengetik suetu kata yang salah dapat langsung di ubah oleh computer menjadi yang benar. Sebagai contoh adalah akan mengetik kata “the” kemudian kita salah mengetik dengan kata “teh” maka secara otomatis computer akan mengubahnya menjadi “the”. Pada pengembangannya autocorrect dapat dimanfaatkan untuk meringankan kita dalam pengetikan suatu kata atau kalimat yang sering kali ada pada naskah.

Langkah-langkah untuk membuat Autocorrect :

-          klik menu Tools, Autocorrect

-          maka akan tampil dialog box berikut

-          pastikan bahwa kotak/pilihan Replace text as you type telah ada tanda cek(√), jika belum ada lakukan klik 1x pada kotak tersebut.

DAFTAR RUJUKAN

Mulyadi, Mas. 2003. Panduan Belajar MIicrosoft Word. Pandaan.

Modul mata kuliah computer

About these ads
Comments
  1. Resa says:

    mas tukeran link yuk??
    tar pasang link ane di blog ente…
    trus konfirmasi ke ane.
    tar ane pasang linknya punya ente di blog ane gmn???
    terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s